Cara Hemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Bagiakan Konten ini Via
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Ketergantungan masyarakat terhadap listrik boleh dikatakan cukup tinggi sekarang ini.  Sebenarnya bukan hanya listrik saja.  Ketergantungan kita terhadap berbagai energi hasil bumi yang tidak dapat diperbaharui untuk keberlangsungan hidup kita begitu besar. Apalagi sejak kehadiran gadget sebagai penemuan dibidang informasi dan teknologi yang kini sangat digandrungi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. karena dengan itu makin tingginnya kebutuhan ini, sekarang makin banyak ajakan untuk menghemat listrik. mengingat ketersediaan energi listrik dan air terbatas sementara kebutuhan kita dalam menggunakannya tidak pernah selesai, maka untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik dan air harus disiasati dengan pola hidup lemat, terutama untuk energi listrik. kerap kali kita memiliki kebiasaan yang sangat jelek dengan menggunakan listrik bahkan di siang hari. efeknya terasa setelah diakumulasi ahkir bulan.

untuk menghindari hal tersebut, beberapa cara dan tips untuk menghemat listrik agar tagihan tidak membengkak

  • Cabut Kabel/Peralatan Dari Saklar Saat Tidak Digunakan

Jangan biarkan peralatan terpasang pada saklar ketika sedang tidak digunakan, baik itu pengisian daya gadget, TV, Setrika maupun barang elektronik lainnya, Ketika anda merasa tidak perlu menggunakan listrik untuk itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar meski dalam keaadaan mati atau off.

  • Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

Penggunaan listrik dengan system pulsa akan membantu anda  dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. Listrik pulsa ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah anda rencanakan sebelumnya dalam satu bulan. Hal ini membantu anda dalam mengontrol pemakaian listrik secara berlebihan dan membuat anda lebih bijak dalam menggunakan listrik.

  • Matikan Alat Elektronik Saat Tidur

Hindari kebiasaan tidur dengan berbagai peralatan elektronik tertinggal dalam keadaan menyala. TV masih menyala ketika tertidur, lampu menyala, gadget sedang dalam proses pengisian baterai. TV yang masih menyala ketika anda tidak sedang menontonnya jelas memberikan efek berupa tagihan listrik membengkak. Lampu sebaiknya dimatikan ketika anda sedang beristirahat selain untuk menghemat biaya listrik juga baik untuk merilekskan tubuh anda sehingga bisa beristirahat dengan lebih baik

  • Gunakan AC Seperlunya

Mesin pendingin ini bekerja dengan menggunakan listrik lebih banyak dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya. Bila dirumah anda menggunakan AC, pilihlah AC yang hemat energy dengan kempuan menaikkan suhu atau off secara otomatis ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau justru tida ada orang sehingga tidak perlu mendinginkan ruangan yang efeknya tidak akan dirasakan siapa-siapa.

 

 

 

Bagiakan Konten ini Via
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami